Sabtu, 18 Agustus 2012

ORGANISASI PERTANDINGAN


ORGANISASI
PERTANDINGAN
(AFF/FIFA Match Organisation, 2009)
Penyaji ;
Mohamad Achwani
Direktur Diklat PSSI
DIREKTORAT DIKLAT PSSI
2009
TUGAS KETUA DELEGASI
(Pada Turnamen Kandang)
ISI
1 Penunjukan.
2 Kedatangan.
3 Pertemuan Manajer.
4 Pada hari pertandingan.
5 Sebelum Pertandingan.
6 Sesudah pertandingan.
PENUNJUKAN
§ Penunjukan khusus bagi Ketua Delegasi.
§ Anggota dewan AFF.
§ Seorang perwakilan resmi atau Duta AFF/FIFA.
§ Secara keseluruhan bertugas untuk menjamin administrasi. pertandingan sesuai standar dan persyaratan AFF/FIFA.
§ Menjawab surat-surat penunjukan.
§ Mengambil tiket PTA dari AFF/FIFA.
§ Visa.
§ Peraturan Permainan dan Pertandingan serta ketentuan-ketentuan lain.
1 Daftar kontak dengan Ofisial-Ofisial AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal bila ada keadaan darurat.
2 Secara keseluruhan yang bertugas menangani semua administrasi untuk menjamin Organisasi Pertandingan berjalan sesuai standar dan persyaratan AFF/FIFA.
3 Bekerja secara kolektif dengan Ofisial AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal.
KEDATANGAN
· Kontak dengan General Coordinator AFF/FIFA.
· Menjamin semua hal ditangani sesuai instruksi
· Jadwal Pertemuan Manajer.
TANGGUNG JAWAB
§ Menghadiri Pertemuan Manajer dan memberikan sambutan.
§ Memimpin pertemuan Komite Turnamen.
§ Menengahi diantara AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal untuk menyelesaikan bila ada krisis atau ada masalah penting sebagai perwakilan dari Dewan AFF.
§ Menyelesaikan bila ada problem pada tingkat atas, sebagai tindakan agar turnamen dapat berjalan lancar.
PADA HARI PERTANDINGAN
Pengecekan dengan General Coordinator bila semua yang sudah direncanakan dan ditetapkan sudah pada tempatnya.
SEBELUM PERTANDINGAN
1 Kontak General Coordinator AFF/FIFA.
2 Menjamin bahwa semua yang sudah direncanakan dan ditetapkan sudah sesuai instruksi (ketentuan).
SELAMA PERTANDINGAN
Duduk di VIP box, dapat memandang keseluruh penjuru Stadion.
SESUDAH PERTANDINGAN
1 Kontak General Coordinator untuk semua masalah.
2 Menjamin bahwa semua yang sudah direncanakan dan ditetapkan sudah sesuai instruksi (ketentuan) dan disana tidak ada insiden.
II.    TUGAS PENGAWAS PERTANDINGAN
ISI
1 Penunjukan.
2 Kedatangan.
3 Pertemuan Manajer.
4 Pada hari pertandingan.
5 Sebelum Pertandingan.
6 Sesudah pertandingan.
PENUNJUKAN
· Menjawab surat penunjukan.
· Pesan tiket penerbangan, menginformasikan ke Asosiasi Anggota (MA) dan tembusan ke AFC/AFF.
· Visa.
· Materi untuk Pertemuan Manajer dan Koordinasi dengan General Coordinator.
· Peraturan Permainan dan Pertandingan serta ketentuan-ketentuan lain.
· Daftar kontak Ofisial AFC/AFF bila ada kasus atau darurat.
KEDATANGAN
1 Pertemuan dengan General Coordinator.
2 Memastikan grup Wasit sudah tiba.
3 Pengecekan Stadion dan Lapangan Latihan.
4 Pertemuan dengan Oficial kunci dari Panitia Pertandingan lokal dan Koordinator Keamanan untuk memberikan brifing.
5 Konfirmasi jadwal Pertemuan Manager.
6 Materi Pertemuan manager difoto copy cukup (cek dengan General Coordinator).
7 Kunjungi Kesebelasan di Hotel dan menemui Ketua Delegasi dan Manager Kesebelasan.
8 Jika ada problem, coba untuk menyelesaikan dengan Asosiasi Anggota (MA)/Panitia Pertandingan lokal atau Kesebelasan-Kesebelasan jika tidak minta bantuan dari AFC/AFF.
PERTEMUAN MANAJER
o Sambutan pembukaan dalam Pertemuan Manajer.
o Brifing teknis oleh General Coordinator.
o Warna kostim (Kesebelasan dan Wasit).
o Urutan Waktu Menuju Kick Off.
o Daftar Pengecekan.
o Mode Kompetisi, batir-butir kunci (penting).
o Yang dapat diijinkan memasuki daerah steril.
o Iklan (Klub/Kesebelasan Nasional).
o Cek Passpor, Kartu Identitas (ID), persetujuan atas batas usia/tahun kelahiran (kompetisi kelompok usia), dll.
o Secara umum Daftar Pemain hasil seleksi AFCAS, DSP/DNP dan didistribusikan ke Kesebelasan-Kesebelasan.
KEJUARAAN AFF
PERTEMUAN MANAJER
12 Januari 2007.
1. Absen.
2. Sambutan selamat datang oleh Ketua Panitia Pertandingan lokal.
3. Amanat dari Ketua Delegasi AFF.
4. Sambutan dari Pengawas Pertandingan AFC.
5. Registrasi Pemain.
6. Brifing masalah-masalah yang ada hubungannya dengan Organisai Pertandingan :
6.1. Jadwal Pertandingan.
6.2. Warna Kostim.
6.3. DSP/DNP.
6.4. Ofisial dan Pemain pengganti di Bangku Cadangan.
6.5. Urutan Waktu Menuju Kick Off 17.30 dan 20.30.
6.6. Daftar Pengecekan untuk Organisasi Pertandingan.
6.7. Seremoni sebelum pertandingan.
a. Kesebelasan memasuki lapangan bersama bendera Fair
Play diiringi FIFA Anthem.
b. Bersalaman dan photo kesebelasan.
c. Bangku Cadangan dan Area Teknik.
6.8. Pemanasan sebelum dan selama pertandingan :
1 Penjaga gawang - 50 s/d/ - 20 menit ebelum Kick off.
2 Pemain lapangan – 45 s/d – 20 menit sebelum kick off.
3 Tergantung kondisi lapangan. (keputusan diambil oleh General Coordinator).
4 Pemanasan setiap Kesebelasan disebelah Bangku Cadangan atau dibelakang gawang dekat Bangku Cadangan masing-masing.
5 Pemanasan sebelum dan selama pertandingan.
6 Paling banyak 6 (enam) Pemain dalam waktu sama tanpa bola kecuali Penjaga Gawang.
7 Paling banyak 2 (dua) Ofisial mendampingi Pemain.
8 Memiliki kostim yang berbeda warna dengan kostim kesebelasan sendiri maupun lawan dan wasit
6.9. Setengah main (15 menit dari bunyi peluit ke bunyi peluit).
6.10. Bersalaman setelah pertandingan
6.11. Peraturan Kompetisi, mode kompetisi.
6.12. Komite Disiplin
6.13. Komite Banding.
6.14. Komite Turnamen.
6.15. Komite Keamanan.
7. Brifing masalah Perwasitan.
8. Brifing pengaturan Media.
9. Brifing Pengaturan Medis.
10. Brifing permasalahn yang menyangkut Panitia Pertandingan lokal.
11. Brifing pengaturan Keamanan.
12. Kata penutup.
PADA HARI PERTANDINGAN
1 Latihan dan brifing Wasit di pagi hari.
2 Mengunjungi Stadion, final pengecekan pengaturan yang sudah ditetapkan jika diperlukan.
3 Cek dengan General Coordinator :
4 Persiapan semua dokumen pertandingan :
o Form Pertandingan : PP, Assesor Wasit, Ofisial keempat, Pergantian Pemain.
5 Form Laporan : Sekretaris Jenderal, Keuangan, Ringkasan Pertandingan
SEBELUM PERTANDINGAN
1 3 Jam sebelum datang di Stadion dan melakukan inspeksi.
2 Menyelaraskan Jam dengan TV Host dan Ofisal kunci.
3 Mengumpulkan dan membagikan Walkie Talkie untuk dipegang Ofisial kunci.
4 Mengecek lapangan permainan bersama dengan Ofisial Pertandingan.
Memastikan General Coordinator :
1 Mengunjungi kamar ganti kesebelasan-kesebelasan dengan Ofisial keempat.
2 Menyiapkan DSP/DNP, membuat copy dan distribusi kepada kesebelasan, Ofisial Pertandingan, Para Ofisial AFC/AFF dan Panitia Pertandingan lokal.
SELAMA PERTANDINGAN
1 Duduk di VIP Box, Pandangan bebas melihat lapangan permainan dan area tempat duduk pemain dan bebas bergerak menuju lapangan bila diperlukan.
2 Setengah main tidak boleh menemui grup Wasit.
3 Setengah main memberikan supervisi medis seperlunya untuk tes doping.
SETELAH PERTANDINGAN
1 Bertemu dengan kesebelasan-kesebelasan dan dengan para Wasit setelah pertandingan untuk melihat jika ada penyampaian protes resmi.
2 Mengunjungi para Wasit di kamar ganti untuk menginformasikan kalau ada insiden didalam atau diluar Stadion.
3 Memastikan General Coordinator mengumpulkan DVD Pertandingan dan disistribusikan kepada kesebelasan Asesor Wasit dan AFFC/AFF/FIFA.
4 Memperbaharui data melalui AFCAS.atau Laporan Pertandingan Manual.
5 Memastikan General Coordinator mengirim faksimil laporan ke AFC/AFF/FIFA .
III. TUGAS GENERAL COORDINATOR
ISI
1 Penunjukan.
2 Kedatangan.
3 Pertemuan Manajer.
4 Pada hari pertandingan.
5 Sebelum Pertandingan.
6 Sesudah pertandingan.
PENUNJUKAN
· Menjawab surat penunjukan .
· Mengambil tiket PTA dari AFF/FIFA.
· Visa.
· Peraturan Permainan dan Pertandingan serta ketentuan ketentuan lain.
· Daftar kontak dengan Ofisial-Ofisial AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal.
GENERAL COORDINATOR
1 General Coordinator AFF adalah perwakilan resmi AFF ditempat kegiatan pertandingan.
2 General Coordinator adalah yang bertugas menangani atas keseluruhan masalah administrasi di tempat kegiatan (Venue) pertandingan.
3 General Coordinator adalah yang bertanggung jawab pada setiap pertandingan agar diorganisir sempurna sepanjang turnamen secara konsisten.
4 Ia bekerja bersama dengan Ofisial AFF lainnya, Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit Koordinator Media , Grup Studi Teknik, Koordinator Keamanan dan Asisten General Coordinator.
SKEMA GENERAL COORDINATOR.
KEWAJIBAN SAAT DATANG DI TEMPAT KEGIATAN (VENUE)
1 Menyiapkan Sekretariat di Hotel dan Stadion.
2 Menyusun jadwal kerja dan informasi bagi Panitia Pertandingan lokal dan kesebelasan-kesebelasan.
3 Menyiapkan daftar kontak dan mendistribusikannya.
4 Jadwal kedatangan kesebelasan-Kesebelasan, Ofisial dan VIP.
5 Materi pertemuan dengan Manajemen Hotel.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN PERSIAPAN TEMPAT KEGIATAN (VENUE).
Delegasi AFF/AFC/FIFA
1 Memeriksa kembali daftar final delegasi AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan (Venue).
2 Memeriksa kembali waktu kedatangan delegasi AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan (Venue).
3 Memeriksa kembali/konfirmasi di tempat kegiatan (Venue), tentang
daftar kontak dan nomor telepon.
4 Bertemu dengan Pengawas Pertandingan.
5 Bertemu dengan Manajer Pemasaran Stadion.
6 Bertemu dengan Koordinator Media.
7 Bertemu dengan Koordinator Keamanan.
8 Bertemu dengan koordinator Medis.
9 Bertemu dengan Asesor Wasit.
AKOMODASI HOTEL
1 Bertemu dengan Manajer Hotel dan konfirmasi akomodasi untuk delegasi AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan.
2 Konfirmasi Pengaturan Para Wasit untuk memeriksa kembali konfirmasi akomodasi dan makan Wasit dan pengaturan untuk kesebelasan-kesebelasan.
3 Konfirmasi ruang rapat untuk delegasi, Wasit, Kesebelasan-Kesebelasan.
4 Pengaturan londri untuk rompi pemansan para pemain
5 Bertemu dengan Koordinator Keamanan.
PANITIA PERTANDINGAN LOKAL
1 Memelihara hubungan dengan Ofisial Panitia Pertandingan lokal.
2 Bertemu dengan Manajemen Stadion dan Koordinator Tempat Kegiatan (Venue).
3 Melihat kembali daftar kontak Koordinator Tempat Kegiatan (Venue).
MATERIAL
1 Cek dan konfirmasi sesuai material (perlengkapan), berdasarkan daftar isi pak, setelah tiba ditempat kegiatan.
2 Memastikan bendera AFF/AFC/FIFA dikibarkan didepan hotel.
3 Cek dengan manajer marketing Venue minuman untuk Kesebelasan-Kesebelasan dan delegasi yang sudah datang.
KANTOR (SEKRETARIAT)
1 Cek bahwa kantor Sekretariat adalah memadai perlengkapannya dan berfungsi sesuai daftar.
2 Telepon internasional, faksimil internasional, hubunagn luas internet, komputer, printer, mesin fotocopy kapasitas tinggi dengan petugas yang menangani, meja, kursi, ATK dan lain-lain.
3 Jam kerja Kantor Sekeretariat ;
a. 09.00 - 13. 00
b. 15.00 – 19.00
TRANSPORTASI
1 Lokasi dan nomor kontak bagian transportasi Panitia Pertandingan lokal.
2 Cek nomor kendaraan yang diperuntukan untuk delegasi AFF/AFC/FIFA.
3 Menetapkan penggunaan kendaraan dan pool kendaraan sudah diatur sesuai kebijakan.
4 Pengaturan transportasi grup.
5 Bagian transportasi menyiapkan kendaraan untuk keperluan latihan, pertandingan dan pesiar.
6 Form permohonan kendaraan dan prosedur untuk menjalankan sistim trasportasi berjalan lancar.
PROGRAM
1 Memeriksa program secara umum menentukan semua jadwal : Kesebelasan, Wasit, latihan resmi setiap Kesebelasan, gladi seremoni sebelum pertandingan, Program Usia Muda (anak gawang), Rapat kedatangan kesebelasan, Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM).
2 Konsep program spesifik di tempat kegiatan (Venue) pertandingan dan kirim faksimil ke kantor SekretariatPusat AFF/AFC/FIFA.
KEWAJIBAN SAAT TIBA DITEMPAT KEGIATAN (VENUE) PERTANDINGAN
1 Rapat dengan Panitia Pertandingan lokal, membuat tugas Manajer Tempat Kegiatan (venue).
2 Menyusun daftar kontak dan didistribusikan.
3 Rapat dengan media elektronik.
4 Rapat dengan perwakilan marketing.
5 Cek pengaturan untuk grup Wasit.
6 Cek daftar akreditasi dengan Koordinator tempat kegiatan (venue), Panitia Pertandingan lokal .
7 Mengunjungi segera Kesebelasan-Kesebelasan, menjelaskan semua detail pengorganisasian, akomodasi dan konsumsi.
8 Inspeksi Stadion dan lapangan latihan.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN INSPEKSI STADION SEJAK KEDATANGAN
LAPANGAN PERMAINAN
1 Kondisi lapangan.
2 Tanda garis lapangan.
3 Tiang gawang dan jaring gawang.
4 Bangku cadangan (18 bangku) fiberglass diberi tanda.
5 Bangku Ofisial keempat (4 kursi).
6 Area Tehnik (garis terputus – 1 meter dari garis lapangan, 1 m dari kedua sisi bangku cadangan).
7 Materi sponsor (a-board) sekurang-kurangnya 3 meter dari lapangan permainan.
8 Tiang gawang cadangan (lokasi , termasuk jaring gawang).
9 Cadangan bendera sudut.
KAMAR GANTI KESEBELASAN
1 Lemari-lemari berkunci (locker).
2 Bangku (benches).
3 Meja pijat (massage table).
4 Papan putih (white board).
5 Flip Chart dengan spidol.
6 Kulkas.
7 Kamar mandi, shower, kran kecil , toilet, tempat buang air kecil (urinary bowl), washtafel (wash basin) dan suplai air .
KAMAR GANTI WASIT
1 Pompa bola elektronik dan manual.
2 Pengukur tekanan udara bola.
3 Papan pengganti elektronik dan charger.
RUANG MEDIS
1 Perlengkapan dan pelayanan medis lengkap.
2 Lokasi ambulan, rute pintu masuk dan keluar.
3 2 set tandu.
4 Lokasi kendaraan Golf beroda empat.
RUANG DOPING
1 Ruang dokter : 2 meja dan 4 kursi.
2 Ruang tunggu : 8 kursi , televisi, kulkas, toilet, shower.
PROTOKOL
1 Akses menuju dan dari tribun VIP.
2 Area menurunkan kedatangan VIP, Media dan kesebelasan.
3 Konfirmasi jumlah kursi, alokasi tiket pertandingan dalam area kursi VIP.
4 Konfirmasi kursi terbaik untuk Presiden AFF/AFC/FIFA.
5 Menjamin ruang duduk VIP ditata semestinya dengan makanan dan minuman yang baik dalam jumlah yang cukup sebelum pertandingan, ketika setengah main, diantara dua pertandingan dan seusai pertandingan.
PERENCANAAN STADION
1 Meninjau kembali sistem zona akreditasi bersama Koordinator tempat kegiatan (Venue) pertandingan Manajemen Stadion.
2 Berjalan mengelilingi Stadion dengan stopwatch untuk mendapatkan data konsep, guna perhitungan waktu resmi.
3 Tanda arah kea arena utama didalam Stadion.
4 Tanda-tanda ruangan, kantor dll.
5 Cek tempat penyimpanan material bola, rompi dll.
6 Cek pusat penyimpanan HT (walki talkie) di Stadion.
UMUM
1 Suplai listrik cadangan (generator pendukung).
2 Daya beban dan sistim pengeras suara yang terdengar diseluruh Stadion.
3 Lampu penerangan Stadion minimum 1200 lux.
4 Alat komunikasi selama pertandingan walkie talkie
5 Sekretariat AFC ; Faksimil, telepon, hubungan internet, mesin foto copy, komputer, meja, kursi , ATK, dll.
6 Tempat latihan, kualitas tempat latihan.
TUGAS LAIN
1 Laporan harian kepada AFF jika perlu.
2 Materi penting untuk Rapat dan Pertemuan Manajer.
3 Mengorganisasikan gladi resik seremoni sebelum pertandingan.
4 Menetapkan area tempat duduk VIP.
5 Memelihara kerjasama dengan petugas keamanan.
6 Koordinator Anak Gawang.
7 Brifing Wasit.
8 Membantu didalam mengecek identitas.
DAFTAR PENGECEKAN PERLENGKAPAN
1 Lagu kebangsaan FIFA.
2 Bendera Fair Play, bendera AFC dan AFF.
3 Lagu kebangsaan maksimum 90 detik.
4 Bendera nasional 2 : 1 untuk dikibarkan, 1 untuk dibawa anak gawang.
5 6 kaos Fair Play dan topi.
6 14 Kaos AFF untuk anak gawang.
7 Formulir-Formulir AFF.
8 CD/Disket.
9 Bola untuk pertandingan dan latihan.
10 Papan penggantian pemain.
11 Memastikan kedatangan grup Wasit.
12 Cek Stadion dan lapangan latihan.
13 Rapat dengan Ofisial kunci Pantia Pertandingan lokal dan Keamanan.
14 Konfirmasi jadwal Pertemuan Manajer.
15 Materi Pertemuan Manajer, difoto copi secukupnya.
16 Mengunjungi Kesebelasan-Kesebelasan di Hotel dan bertemu dengan Ketua Delegasi dan Manajer Kesebelasan .
17 Jika ada problem coba untuk diselesaikan dengan Anggota Asosiasi(MA)/Panitia Pertandingan lokal atau kesebelasan-kesebelasan, jika tidak minta bantuan dari AFF/AFC.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN HARI PERTANDINGAN (1)
HARI PERTANDINGAN (1)
RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN (MCM)
1 Mengikuti agenda.
2 Cek Akreditasi jika tidak siap benar (hanya sebelum pertandingan).
3 Menginformasikan kepada kesebelasan-kesebelasan tentang prosedur kualifikasi sampai klasemen berikutnya .
4 Penetapan warna rompi Kesebelasan.
5 Finalisasi daftar pengecekan pertandingan dan beri bantuan kepada asisten General Coordinator untuk memperbaharui data, ngeprint dan distribusikan sebelum Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM) selesai.
6 Distribusikan Pass Harian dan Kartu Tanda Pengenal (SADs) kepada setiap Kesebelasan.
LATIHAN RESMI DI STADION
1 Cek 2 jam sebelum latihan resmi, memeriksa kualitas lapangan.
2 Jika cuaca buruk, General Coordinator akan memutuskan untuk membatalkan latihan dan mengijinkan kesebelasan-kesebelasan dengan menggunakan sepatu joging, hanya berjalan menginjak rumput.
3 Lapangan harus dirawat agar dalam kondisi terbaik untuk pertandingan.
4 Cek kamar ganti
5 Perlengkapan
6 Hanya orang yang memiliki akreditasi dari kesebelsan yang diijinkam masuk dalam Bus.
7 Mengantarkan dan menjemput kesebelasan ditempat sama pada hari pertandingan, kesebelasan-kesebelasan langsung berjalan dalam rute yang sama dari kamar ganti ke lapangan pertandingan.
8 Latihan resmi maksimum hanya 45 menit.
9 Sesi latihan tertutup/terbuka (jika tertutup ijin bagi media saat dimulai hanya 15 menit saja).
STADION
1 Cek semua bendera di Stadion untuk pertandingan berikutnya.
2 Mengulang kembali perencanaan yang duduk di kuri VIP
3 Posisi kamera TV tidak boleh mengganggu pandangan Ofisial dan Pemain kesebelasan-kesebelasan
4 Penyiraman lapangan
5 Laporan cuaca dari Panitia Pertandingan lokal (keputusan membuka dan menutup terpal).
6 Tanda garis lapangan.
PROGRAM USIA MUDA
1 Final cek dengan Manajer Tempat Kegiatan (Venue) pertandingan dalam program gladi seremoni sebelum pertandingan dan Anak Gawang.
2 Meninjau kembali materi seremoni sebelum pertandingan.
WASIT
1 Menerima dari Asesor Wasit, Papan Pengganti Pemain elektrik dan manual serta menyimpannya dengan aman.
2 Memastikan bahwa Papan Pengganti Pemain elektronik batereinya penuh.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN HARI PERTANDINGAN (2)
HARI PERTANDINGAN (2)
PERSIAPAN FORM-FORM
1 Daftar pengecekan untuk Organisasi Pertandingan.
2 Urutan Waktu Menuju Kick Off resmi.
3 Laporan Pengawas Pertandingan.
4 Laporan Wasit dan Ofisial Keempat.
5 Kartu Pergantian Pemain.
6 Laporan insiden.
7 Laporan Ringkasan Pertandingan.
8 DSP/DNP.
9 Bangku Cadangan Pemain dan Ofisial.
10 Penampilan fair play setiap Kesebelasan.
MATERI RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN (MCM)
1 Agenda Pertemuan Koordinasi Pertandingan (MCM).
2 Daftar peserta/absensi kehadiran.
3 Form Keamanan dan kenyamanan.
4 Form-Form Pertandingan : Daftar Pengecekan, Urutan Waktu Menuju Kick Off, DSP/DNP, Materi Final Untuk Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM) dalam Power Point.
5 Permohonan ruangan rapat untuk Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM).
RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN
1 Brifing Staf AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan (Venue).
2 Konfirmasi kedatangan VIP, kendaraan penjemputan.
3 Manajemen VIP di Stadion.
4 Bertemu dengan Manajer Infotainment Panitia Pertandingan lokal :
o Meninjau kembali Program.
o Teks announcer.
o Gladi (kotor-bersih).
o Nama-nama Pemain.
MATERIAL
1 Cek bendera.
2 Lagu kebangsaan.
3 Memastikan Rompi Pemain bisa dikirim ke londri.
RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN (MCM)
MEMIMPIN RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN
BRIFING TEKNIS :
1 Warna Kostim (Pemain dan Wasit).
2 Urutan Waktu Menuju Kick Off.
3 Daftar Pengecekan.
4 DSP/DNP.
5 Mode kompetisi, butir-butir kunci (penting).
6 Yang dapat memasuki daerah steril.
7 Iklan (Klub/Kesebelasan Nasional).
Cek Passpor, Kartu Identitas (ID), Persetujuan batas usia, dll.
Final Registrasi pemain.
KEJUARAAN AFF
PERTEMUAN MANAJER KESEBELASAN
12 Januari 2007
1. Absensi.
2. Pengantar kata selamat datang dari Ketua Panitia Pertandingan lokal.
3. Sambutan Ketua Delegasi AFF.
4. Pengantar kata Pengawas Pertandingan AFC.
5. Registrasi Pemain.
6. BRIFING PERMASALAHAN YANG ADA HUBUNGANNNYA DENGAN
ORGANISASI PERTANDINGAN :
6.1 Jadwal Pertandingan.
6.2 Warna Kostim.
6.3 DSP/DNP.
6.4 Nama Ofisial yang duduk di Bangku Cadangan.
6.5 Urutan Waktu Menuju Kick Off 17.30 dan 20.00
6.6 Daftar Pengecekan untuk Organisasi Pertandingan.
6.7 Seremoni sebelum pertandingan :
a. Kesebelasan memasuki lapangan bersama bendera fair play, diiringi FIFA Anthem.
b. Bersalaman diantara kedua Kesebelasan.
c. Bangku Cadangan dan Area Teknik.
6.8 Pemanasan sebelum dan selama pertandingan :
1 Penjaga Gawang, mulai -50 s/d -20 menit sebelum Kick Off.
2 Pemain lapangan, mulai -45 s/d -20 menit sebelum Kick Off.
3 Tergantung kualitas lapangan (keputusan diambil General Coordinator).
4 Pemanasan setiap Kesebelasan disebelah Bangku Cadangan atau dibelakang Gawang dekat Bangku Cadangan masing-masing.
5 Maksimum 6 Pemain dalam waktu sama (tanpa bola, kecuali Penjaga Gawang).
6 Maksimum 2 Ofisial mendampingi para Pemain.
7 Mengenakan Kostim yang berbeda warna dengan kostim kesebelasan sendiri maupun lawan dan Wasit.
6.9 Setengah main.
6.10 Bersalaman setelah pertandingan.
6.11 Peraturan Kompetisi, Mode Kompetisi.
6.12 Komite Disiplin.
6.13 Komite Banding.
6.14 Komite Turnamen.
6.15 Komite Keamanan.
7. Brifing masalah Perwasitan.
8. Brifing masalah Media.
9. Brifing masalah Medis.
10. Brifing masalah yang ada kaitannya dengan Panitia Pertandingan lokal.
11. Brifing penanganan Keamanan.
12. Penutup.
AFF
PERTEMUAN MANAJER KESEBELASAN
12 Januari 2007
SEHARI SEBELUM PERTANDINGAN
1 Inspeksi Stadion : Lapangan permainan, Kamar Ganti Pemain, Ruang Medis dan Doping, Sekretariat AFF.
2 Persiapan semua dokumen pertandingan :.
-Form Pertandingan, Pengawas pertandingan, Asesor Wasit, Wasit, Ofsial keempat, Kartu Penggantian pemain .
-Form Laporan : Sekretariat Jenderal, Keuangan dan Ringkasan Pertandingan.
PADA HARI PERTANDINGAN
1 Pagi hari – latihan dan brifing Wasit.
2 Mengunjungi Stadion – final cek jika perlu melakukan penanganan.
3 Persiapan semua dokumen pertandingan :
4 Formulir Pertandingan : Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit, Wasit, Ofisial Keempat, Kartu Pergantian Pemain.
5 Form laporan : Sekretaris Jenderal, Keuangan, Ringkasan Pertandingan.
SEBELUM PERTANDINGAN
1 3 Jam sebelum kick off datang di Stadion dan inspeksi
2 Menyelaraskan waktu jam dengan kru TV dan ofisial kunci
3 Melihat kembali program dengan Koordinator Tempat Kegiatan (Venue) dan Manajemen Stadion.
4 Distribusi walkie talkie untuk Ofisial kunci
5 90 menit sebelum kick off memastikan grup Wasit cek lapangan permainan.
6 65 menit sebelum kick off mengunjungi Kamar Ganti Pemain dengan Ofisial keempat.
7 Persiapan DSP/DNP, membuat copy dan distribusikan untuk kesebelasan-kesebelasan, Ofisial pertandingan, ofisial AFC/AFF, Panitia Pertandingan
8 20 Menit sebelum kick off memastikan pembawa bendera dan anak gawang sudah siap diarea terowongan (dipinggir lapangan).
9 18 Menit sebelum kick off memastikan bahwa lapangan permainan sudah siap.
10 9 menit sebelum kick off memastikan dengan bantuan grup Wasit bahwa para pemain sudah diterowongan ,
11 Upacara Pertandingan ( 7 menit sebelum kick off memastikan masuk kelapangan grup Wasit dan kesebelsan secara besama-sama dengan iringan lagu FIFA ).
12 Memberi tanda ke wasit untuk memulai pertandingan (kick off) sesuai jadwal waktu.
SELAMA PERTANDINGAN
§ Duduk disebelah Ofisial keempat untuk kontrol area kompetisi jika diperlukan.
§ Memastikan bahwa waktu setengah main tidak lebih dari 15 menit atau dari bunyi peluit panjang sebelumnya ke bunyi peluit berikutnya.
§ Jaga dan cek materi iklan bila tidak pada tempatnya, segera ditempatkan pada posisi semestinya.
§ Bantu Ofisial keempat untuk memeriksa Bangku Cadangan, tertib sesuai ketentuan.
§ Secara terus menerus berhubungan dengan Koordinator Arena (Venue) dan Koordiantor Keamanan.
SESUDAH PERTANDINGAN
1 Mengisi laporan General Coordiantor seusai pertandingan dan kirim faksimil ke AFF.
2 Kirim form ringkasan pertandingan melalui internet.
3 Bantu koordinator media dengan aktivitas seusai pertandingan jika diperlukan
4 Mengambil DVD pertandinga dan ditribusikan kepada kesebelasan-kesebelasan, Wasit dan AFF .
5 Membantu Koordinator Kontrol Doping jika diperlukan.
6 Melakukan brifing dengan Koordinator Sarana dan Ofisial Stadion
7 Memastikan semua laporan dikirim melalui faksimil ke AFF/AFC/FIFA.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN HARI PERTANDINGAN
Hari Pertandingan
PROTOKOL :
Area VIP, jalan langsung : Titik penghantar-penjemputan, Ruang Tunggu dan Tribun.
MATERIAL SEREMONI SEBELUM PERTANDINGAN
Duduk dikursi Presiden di tribun VIP dan cek sbb :
Ø Bendera kesebelasan A untuk di Stadion.
Ø Bendera kesebelasan B untuk di Stadion.
Ø Bendera negara Tuan Rumah untuk di Stadion.
Ø Bendera FIFA untuk di Stadion.
Ø Bendera FAIR PLAY untuk di Stadion.
Ø Sebelum turun kebawah lapangan, lakukan cek lapangan secara visual.
LAPANGAN PERMAINAN :
§ Kondisi lapangan.
§ Tanda garis lapangan.
§ Tiang gawang dan jaring gawang.
§ Tiang bendera sudut.
§ Bangku cadangan.
§ Bangku Ofisial keempat.
§ Area teknik.
§ Posisi kamera TV dilapangan diantara kedua bangku cadangan.
§ Board iklan tidak kurang 3 meter dari lapangan permainan.
§ Penyiraman lapang permainan komplit.
§ Cadangan tiang gawang dan lokasi termasuk jaring.
§ Cadangan tiang bendera sudut.
§ Lagu kebangsaan KES. A dan B, cek terakhir di kantor.
§ Lagu FIFA cek terakhir di kantor announcer.
RUANG GANTI KESEBELASAN :
Tanda nama untuk setiap Kesebelasan
Kesebelasan A :
1 Kulkas berisi minuman, es.
2 Handuk, Sabun, Meja Pijat.
3 Flip Chart, Papan Putih dengan Spidol dan Penghapus.
4 Rompi pemanasan.
KESEBELASAN B :
1 Kulkas berisi minuman, es.
2 Handuk, Sabun, Meja Pijat.
3 Flip Chart, Papan Putih dengan Spidol dan Penghapus.
4 Rompi pemanasan.
KAMAR GANTI WASIT :
1 2 Papan Pergantian Pemain Elektronik.
2 1 Papan Pergantian Pemain Manual.
3 18 Bola untuk setiap pertandingan.
4 Pompa Bola, Alat Pengukur Tekanan (elektrik dan manual).
KANTOR/SEKRETARIAT AFF
Cek sesuai kebutuhan kerja :
1 Faksimil.
2 Saluran Telepon.
3 Komputer, Printer.
4 Akses Internet.
PENGATURAN WAKTU :
1 Menyelaraskan waktu jam dengn TV sponsor.
2 Menyesuaikan waktu jam dangen Ofisial kunci AFF/AFC/FIFA
3 Akses internet.
MASALAH MEDIS :
1 2 Tandu.
2 Ambulans.
MINUS 5 JAM, PROGRAM USIA MUDA :
1 Mulai gladi dengan pembawa bendera.
2 Mulai gladi Seremoni sebelum pertandingan, komplit dengan Program Usia Muda, menyampaikan informasi kepada kameraman TV , sponsor dengan relawan yang berperan sebagai Pemain dan para Wasit.
MINUS 3,5 JAM, KEAMANAN :
1 Konfirmasi dengan seluruh keamanan yang bertugas di tempatnya masing-masing.
MINUS 3 JAM, PINTU MASUK :
2 Mulai membuka kunci lebih dini, buka pintu masuk.
MINUS 2 JAM JURU PHOTO :
Para Juru Photo mengambil Posisi dibelakang board iklan.
Komplit Daftar Pengecekan pada hari pertandingan sudah terisi.
URUTAN WAKTU MENUJU KICK OFF :
1 Minus 90 menemui Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit , grup Wasit sebelum mereka memasuki lapangan permainan dan menyampaikan form-form pertandingan.
2 Minus 50 menit Penjaga Gawang boleh memulai pemanasan.
3 Minus 45 Menit pemanasan kesebelasan dilapangan permainan, tergantung kondisi lapangan dan cuaca, keputusan dibuat oleh General Coordinator.
4 Minus 20 menit perbaikan tanda garis lapangan sesudah pemanansan.
5 Memastikan setengah main 15 menit mulai bunyi peluit akhir sampai dengan bunyi peluit kembali.
6 Selama setengah main perbaikan lapangan dan tanda garis lapangan.
SETELAH PERTANDINGAN USAI
1 Kontrol doping.
2 Aktivitas Media : wawancara kilat, konperensi pers.
· Mengambil dan mengirimkan faksimil semua laporan pertandingan, Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit, Wasit dan Ofisial keempat.
· Mengambil dan distribusikan chalet tape/DVD pertandingan : disampaikan kepada Kesebelasan-Kesebelasan, Asesor Wasit dan General Coordinator.
· Mengambil dan distribusi bola pertandingan, materi marketing, Rompi Pemanasan dari setiap Kesebelasan, memastikan pada waktunya selesai londri untuk pertandingan berikutnya.
· Melakukan brifing dengan Ofisial Panitia Pertandingan Lokal dan perwakilan Stadion
ORGANISASI
PERTANDINGAN
(AFF/FIFA Match Organisation, 2009)
Penyaji ;
Mohamad Achwani
Direktur Diklat PSSI
DIREKTORAT DIKLAT PSSI
2009
TUGAS KETUA DELEGASI
(Pada Turnamen Kandang)
ISI
1 Penunjukan.
2 Kedatangan.
3 Pertemuan Manajer.
4 Pada hari pertandingan.
5 Sebelum Pertandingan.
6 Sesudah pertandingan.
PENUNJUKAN
§ Penunjukan khusus bagi Ketua Delegasi.
§ Anggota dewan AFF.
§ Seorang perwakilan resmi atau Duta AFF/FIFA.
§ Secara keseluruhan bertugas untuk menjamin administrasi. pertandingan sesuai standar dan persyaratan AFF/FIFA.
§ Menjawab surat-surat penunjukan.
§ Mengambil tiket PTA dari AFF/FIFA.
§ Visa.
§ Peraturan Permainan dan Pertandingan serta ketentuan-ketentuan lain.
1 Daftar kontak dengan Ofisial-Ofisial AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal bila ada keadaan darurat.
2 Secara keseluruhan yang bertugas menangani semua administrasi untuk menjamin Organisasi Pertandingan berjalan sesuai standar dan persyaratan AFF/FIFA.
3 Bekerja secara kolektif dengan Ofisial AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal.
KEDATANGAN
· Kontak dengan General Coordinator AFF/FIFA.
· Menjamin semua hal ditangani sesuai instruksi
· Jadwal Pertemuan Manajer.
TANGGUNG JAWAB
§ Menghadiri Pertemuan Manajer dan memberikan sambutan.
§ Memimpin pertemuan Komite Turnamen.
§ Menengahi diantara AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal untuk menyelesaikan bila ada krisis atau ada masalah penting sebagai perwakilan dari Dewan AFF.
§ Menyelesaikan bila ada problem pada tingkat atas, sebagai tindakan agar turnamen dapat berjalan lancar.
PADA HARI PERTANDINGAN
Pengecekan dengan General Coordinator bila semua yang sudah direncanakan dan ditetapkan sudah pada tempatnya.
SEBELUM PERTANDINGAN
1 Kontak General Coordinator AFF/FIFA.
2 Menjamin bahwa semua yang sudah direncanakan dan ditetapkan sudah sesuai instruksi (ketentuan).
SELAMA PERTANDINGAN
Duduk di VIP box, dapat memandang keseluruh penjuru Stadion.
SESUDAH PERTANDINGAN
1 Kontak General Coordinator untuk semua masalah.
2 Menjamin bahwa semua yang sudah direncanakan dan ditetapkan sudah sesuai instruksi (ketentuan) dan disana tidak ada insiden.
II.    TUGAS PENGAWAS PERTANDINGAN
ISI
1 Penunjukan.
2 Kedatangan.
3 Pertemuan Manajer.
4 Pada hari pertandingan.
5 Sebelum Pertandingan.
6 Sesudah pertandingan.
PENUNJUKAN
· Menjawab surat penunjukan.
· Pesan tiket penerbangan, menginformasikan ke Asosiasi Anggota (MA) dan tembusan ke AFC/AFF.
· Visa.
· Materi untuk Pertemuan Manajer dan Koordinasi dengan General Coordinator.
· Peraturan Permainan dan Pertandingan serta ketentuan-ketentuan lain.
· Daftar kontak Ofisial AFC/AFF bila ada kasus atau darurat.
KEDATANGAN
1 Pertemuan dengan General Coordinator.
2 Memastikan grup Wasit sudah tiba.
3 Pengecekan Stadion dan Lapangan Latihan.
4 Pertemuan dengan Oficial kunci dari Panitia Pertandingan lokal dan Koordinator Keamanan untuk memberikan brifing.
5 Konfirmasi jadwal Pertemuan Manager.
6 Materi Pertemuan manager difoto copy cukup (cek dengan General Coordinator).
7 Kunjungi Kesebelasan di Hotel dan menemui Ketua Delegasi dan Manager Kesebelasan.
8 Jika ada problem, coba untuk menyelesaikan dengan Asosiasi Anggota (MA)/Panitia Pertandingan lokal atau Kesebelasan-Kesebelasan jika tidak minta bantuan dari AFC/AFF.
PERTEMUAN MANAJER
o Sambutan pembukaan dalam Pertemuan Manajer.
o Brifing teknis oleh General Coordinator.
o Warna kostim (Kesebelasan dan Wasit).
o Urutan Waktu Menuju Kick Off.
o Daftar Pengecekan.
o Mode Kompetisi, batir-butir kunci (penting).
o Yang dapat diijinkan memasuki daerah steril.
o Iklan (Klub/Kesebelasan Nasional).
o Cek Passpor, Kartu Identitas (ID), persetujuan atas batas usia/tahun kelahiran (kompetisi kelompok usia), dll.
o Secara umum Daftar Pemain hasil seleksi AFCAS, DSP/DNP dan didistribusikan ke Kesebelasan-Kesebelasan.
KEJUARAAN AFF
PERTEMUAN MANAJER
12 Januari 2007.
1. Absen.
2. Sambutan selamat datang oleh Ketua Panitia Pertandingan lokal.
3. Amanat dari Ketua Delegasi AFF.
4. Sambutan dari Pengawas Pertandingan AFC.
5. Registrasi Pemain.
6. Brifing masalah-masalah yang ada hubungannya dengan Organisai Pertandingan :
6.1. Jadwal Pertandingan.
6.2. Warna Kostim.
6.3. DSP/DNP.
6.4. Ofisial dan Pemain pengganti di Bangku Cadangan.
6.5. Urutan Waktu Menuju Kick Off 17.30 dan 20.30.
6.6. Daftar Pengecekan untuk Organisasi Pertandingan.
6.7. Seremoni sebelum pertandingan.
a. Kesebelasan memasuki lapangan bersama bendera Fair
Play diiringi FIFA Anthem.
b. Bersalaman dan photo kesebelasan.
c. Bangku Cadangan dan Area Teknik.
6.8. Pemanasan sebelum dan selama pertandingan :
1 Penjaga gawang - 50 s/d/ - 20 menit ebelum Kick off.
2 Pemain lapangan – 45 s/d – 20 menit sebelum kick off.
3 Tergantung kondisi lapangan. (keputusan diambil oleh General Coordinator).
4 Pemanasan setiap Kesebelasan disebelah Bangku Cadangan atau dibelakang gawang dekat Bangku Cadangan masing-masing.
5 Pemanasan sebelum dan selama pertandingan.
6 Paling banyak 6 (enam) Pemain dalam waktu sama tanpa bola kecuali Penjaga Gawang.
7 Paling banyak 2 (dua) Ofisial mendampingi Pemain.
8 Memiliki kostim yang berbeda warna dengan kostim kesebelasan sendiri maupun lawan dan wasit
6.9. Setengah main (15 menit dari bunyi peluit ke bunyi peluit).
6.10. Bersalaman setelah pertandingan
6.11. Peraturan Kompetisi, mode kompetisi.
6.12. Komite Disiplin
6.13. Komite Banding.
6.14. Komite Turnamen.
6.15. Komite Keamanan.
7. Brifing masalah Perwasitan.
8. Brifing pengaturan Media.
9. Brifing Pengaturan Medis.
10. Brifing permasalahn yang menyangkut Panitia Pertandingan lokal.
11. Brifing pengaturan Keamanan.
12. Kata penutup.
PADA HARI PERTANDINGAN
1 Latihan dan brifing Wasit di pagi hari.
2 Mengunjungi Stadion, final pengecekan pengaturan yang sudah ditetapkan jika diperlukan.
3 Cek dengan General Coordinator :
4 Persiapan semua dokumen pertandingan :
o Form Pertandingan : PP, Assesor Wasit, Ofisial keempat, Pergantian Pemain.
5 Form Laporan : Sekretaris Jenderal, Keuangan, Ringkasan Pertandingan
SEBELUM PERTANDINGAN
1 3 Jam sebelum datang di Stadion dan melakukan inspeksi.
2 Menyelaraskan Jam dengan TV Host dan Ofisal kunci.
3 Mengumpulkan dan membagikan Walkie Talkie untuk dipegang Ofisial kunci.
4 Mengecek lapangan permainan bersama dengan Ofisial Pertandingan.
Memastikan General Coordinator :
1 Mengunjungi kamar ganti kesebelasan-kesebelasan dengan Ofisial keempat.
2 Menyiapkan DSP/DNP, membuat copy dan distribusi kepada kesebelasan, Ofisial Pertandingan, Para Ofisial AFC/AFF dan Panitia Pertandingan lokal.
SELAMA PERTANDINGAN
1 Duduk di VIP Box, Pandangan bebas melihat lapangan permainan dan area tempat duduk pemain dan bebas bergerak menuju lapangan bila diperlukan.
2 Setengah main tidak boleh menemui grup Wasit.
3 Setengah main memberikan supervisi medis seperlunya untuk tes doping.
SETELAH PERTANDINGAN
1 Bertemu dengan kesebelasan-kesebelasan dan dengan para Wasit setelah pertandingan untuk melihat jika ada penyampaian protes resmi.
2 Mengunjungi para Wasit di kamar ganti untuk menginformasikan kalau ada insiden didalam atau diluar Stadion.
3 Memastikan General Coordinator mengumpulkan DVD Pertandingan dan disistribusikan kepada kesebelasan Asesor Wasit dan AFFC/AFF/FIFA.
4 Memperbaharui data melalui AFCAS.atau Laporan Pertandingan Manual.
5 Memastikan General Coordinator mengirim faksimil laporan ke AFC/AFF/FIFA .
III. TUGAS GENERAL COORDINATOR
ISI
1 Penunjukan.
2 Kedatangan.
3 Pertemuan Manajer.
4 Pada hari pertandingan.
5 Sebelum Pertandingan.
6 Sesudah pertandingan.
PENUNJUKAN
· Menjawab surat penunjukan .
· Mengambil tiket PTA dari AFF/FIFA.
· Visa.
· Peraturan Permainan dan Pertandingan serta ketentuan ketentuan lain.
· Daftar kontak dengan Ofisial-Ofisial AFF/FIFA dan Panitia Pertandingan lokal.
GENERAL COORDINATOR
1 General Coordinator AFF adalah perwakilan resmi AFF ditempat kegiatan pertandingan.
2 General Coordinator adalah yang bertugas menangani atas keseluruhan masalah administrasi di tempat kegiatan (Venue) pertandingan.
3 General Coordinator adalah yang bertanggung jawab pada setiap pertandingan agar diorganisir sempurna sepanjang turnamen secara konsisten.
4 Ia bekerja bersama dengan Ofisial AFF lainnya, Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit Koordinator Media , Grup Studi Teknik, Koordinator Keamanan dan Asisten General Coordinator.
SKEMA GENERAL COORDINATOR.
KEWAJIBAN SAAT DATANG DI TEMPAT KEGIATAN (VENUE)
1 Menyiapkan Sekretariat di Hotel dan Stadion.
2 Menyusun jadwal kerja dan informasi bagi Panitia Pertandingan lokal dan kesebelasan-kesebelasan.
3 Menyiapkan daftar kontak dan mendistribusikannya.
4 Jadwal kedatangan kesebelasan-Kesebelasan, Ofisial dan VIP.
5 Materi pertemuan dengan Manajemen Hotel.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN PERSIAPAN TEMPAT KEGIATAN (VENUE).
Delegasi AFF/AFC/FIFA
1 Memeriksa kembali daftar final delegasi AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan (Venue).
2 Memeriksa kembali waktu kedatangan delegasi AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan (Venue).
3 Memeriksa kembali/konfirmasi di tempat kegiatan (Venue), tentang
daftar kontak dan nomor telepon.
4 Bertemu dengan Pengawas Pertandingan.
5 Bertemu dengan Manajer Pemasaran Stadion.
6 Bertemu dengan Koordinator Media.
7 Bertemu dengan Koordinator Keamanan.
8 Bertemu dengan koordinator Medis.
9 Bertemu dengan Asesor Wasit.
AKOMODASI HOTEL
1 Bertemu dengan Manajer Hotel dan konfirmasi akomodasi untuk delegasi AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan.
2 Konfirmasi Pengaturan Para Wasit untuk memeriksa kembali konfirmasi akomodasi dan makan Wasit dan pengaturan untuk kesebelasan-kesebelasan.
3 Konfirmasi ruang rapat untuk delegasi, Wasit, Kesebelasan-Kesebelasan.
4 Pengaturan londri untuk rompi pemansan para pemain
5 Bertemu dengan Koordinator Keamanan.
PANITIA PERTANDINGAN LOKAL
1 Memelihara hubungan dengan Ofisial Panitia Pertandingan lokal.
2 Bertemu dengan Manajemen Stadion dan Koordinator Tempat Kegiatan (Venue).
3 Melihat kembali daftar kontak Koordinator Tempat Kegiatan (Venue).
MATERIAL
1 Cek dan konfirmasi sesuai material (perlengkapan), berdasarkan daftar isi pak, setelah tiba ditempat kegiatan.
2 Memastikan bendera AFF/AFC/FIFA dikibarkan didepan hotel.
3 Cek dengan manajer marketing Venue minuman untuk Kesebelasan-Kesebelasan dan delegasi yang sudah datang.
KANTOR (SEKRETARIAT)
1 Cek bahwa kantor Sekretariat adalah memadai perlengkapannya dan berfungsi sesuai daftar.
2 Telepon internasional, faksimil internasional, hubunagn luas internet, komputer, printer, mesin fotocopy kapasitas tinggi dengan petugas yang menangani, meja, kursi, ATK dan lain-lain.
3 Jam kerja Kantor Sekeretariat ;
a. 09.00 - 13. 00
b. 15.00 – 19.00
TRANSPORTASI
1 Lokasi dan nomor kontak bagian transportasi Panitia Pertandingan lokal.
2 Cek nomor kendaraan yang diperuntukan untuk delegasi AFF/AFC/FIFA.
3 Menetapkan penggunaan kendaraan dan pool kendaraan sudah diatur sesuai kebijakan.
4 Pengaturan transportasi grup.
5 Bagian transportasi menyiapkan kendaraan untuk keperluan latihan, pertandingan dan pesiar.
6 Form permohonan kendaraan dan prosedur untuk menjalankan sistim trasportasi berjalan lancar.
PROGRAM
1 Memeriksa program secara umum menentukan semua jadwal : Kesebelasan, Wasit, latihan resmi setiap Kesebelasan, gladi seremoni sebelum pertandingan, Program Usia Muda (anak gawang), Rapat kedatangan kesebelasan, Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM).
2 Konsep program spesifik di tempat kegiatan (Venue) pertandingan dan kirim faksimil ke kantor SekretariatPusat AFF/AFC/FIFA.
KEWAJIBAN SAAT TIBA DITEMPAT KEGIATAN (VENUE) PERTANDINGAN
1 Rapat dengan Panitia Pertandingan lokal, membuat tugas Manajer Tempat Kegiatan (venue).
2 Menyusun daftar kontak dan didistribusikan.
3 Rapat dengan media elektronik.
4 Rapat dengan perwakilan marketing.
5 Cek pengaturan untuk grup Wasit.
6 Cek daftar akreditasi dengan Koordinator tempat kegiatan (venue), Panitia Pertandingan lokal .
7 Mengunjungi segera Kesebelasan-Kesebelasan, menjelaskan semua detail pengorganisasian, akomodasi dan konsumsi.
8 Inspeksi Stadion dan lapangan latihan.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN INSPEKSI STADION SEJAK KEDATANGAN
LAPANGAN PERMAINAN
1 Kondisi lapangan.
2 Tanda garis lapangan.
3 Tiang gawang dan jaring gawang.
4 Bangku cadangan (18 bangku) fiberglass diberi tanda.
5 Bangku Ofisial keempat (4 kursi).
6 Area Tehnik (garis terputus – 1 meter dari garis lapangan, 1 m dari kedua sisi bangku cadangan).
7 Materi sponsor (a-board) sekurang-kurangnya 3 meter dari lapangan permainan.
8 Tiang gawang cadangan (lokasi , termasuk jaring gawang).
9 Cadangan bendera sudut.
KAMAR GANTI KESEBELASAN
1 Lemari-lemari berkunci (locker).
2 Bangku (benches).
3 Meja pijat (massage table).
4 Papan putih (white board).
5 Flip Chart dengan spidol.
6 Kulkas.
7 Kamar mandi, shower, kran kecil , toilet, tempat buang air kecil (urinary bowl), washtafel (wash basin) dan suplai air .
KAMAR GANTI WASIT
1 Pompa bola elektronik dan manual.
2 Pengukur tekanan udara bola.
3 Papan pengganti elektronik dan charger.
RUANG MEDIS
1 Perlengkapan dan pelayanan medis lengkap.
2 Lokasi ambulan, rute pintu masuk dan keluar.
3 2 set tandu.
4 Lokasi kendaraan Golf beroda empat.
RUANG DOPING
1 Ruang dokter : 2 meja dan 4 kursi.
2 Ruang tunggu : 8 kursi , televisi, kulkas, toilet, shower.
PROTOKOL
1 Akses menuju dan dari tribun VIP.
2 Area menurunkan kedatangan VIP, Media dan kesebelasan.
3 Konfirmasi jumlah kursi, alokasi tiket pertandingan dalam area kursi VIP.
4 Konfirmasi kursi terbaik untuk Presiden AFF/AFC/FIFA.
5 Menjamin ruang duduk VIP ditata semestinya dengan makanan dan minuman yang baik dalam jumlah yang cukup sebelum pertandingan, ketika setengah main, diantara dua pertandingan dan seusai pertandingan.
PERENCANAAN STADION
1 Meninjau kembali sistem zona akreditasi bersama Koordinator tempat kegiatan (Venue) pertandingan Manajemen Stadion.
2 Berjalan mengelilingi Stadion dengan stopwatch untuk mendapatkan data konsep, guna perhitungan waktu resmi.
3 Tanda arah kea arena utama didalam Stadion.
4 Tanda-tanda ruangan, kantor dll.
5 Cek tempat penyimpanan material bola, rompi dll.
6 Cek pusat penyimpanan HT (walki talkie) di Stadion.
UMUM
1 Suplai listrik cadangan (generator pendukung).
2 Daya beban dan sistim pengeras suara yang terdengar diseluruh Stadion.
3 Lampu penerangan Stadion minimum 1200 lux.
4 Alat komunikasi selama pertandingan walkie talkie
5 Sekretariat AFC ; Faksimil, telepon, hubungan internet, mesin foto copy, komputer, meja, kursi , ATK, dll.
6 Tempat latihan, kualitas tempat latihan.
TUGAS LAIN
1 Laporan harian kepada AFF jika perlu.
2 Materi penting untuk Rapat dan Pertemuan Manajer.
3 Mengorganisasikan gladi resik seremoni sebelum pertandingan.
4 Menetapkan area tempat duduk VIP.
5 Memelihara kerjasama dengan petugas keamanan.
6 Koordinator Anak Gawang.
7 Brifing Wasit.
8 Membantu didalam mengecek identitas.
DAFTAR PENGECEKAN PERLENGKAPAN
1 Lagu kebangsaan FIFA.
2 Bendera Fair Play, bendera AFC dan AFF.
3 Lagu kebangsaan maksimum 90 detik.
4 Bendera nasional 2 : 1 untuk dikibarkan, 1 untuk dibawa anak gawang.
5 6 kaos Fair Play dan topi.
6 14 Kaos AFF untuk anak gawang.
7 Formulir-Formulir AFF.
8 CD/Disket.
9 Bola untuk pertandingan dan latihan.
10 Papan penggantian pemain.
11 Memastikan kedatangan grup Wasit.
12 Cek Stadion dan lapangan latihan.
13 Rapat dengan Ofisial kunci Pantia Pertandingan lokal dan Keamanan.
14 Konfirmasi jadwal Pertemuan Manajer.
15 Materi Pertemuan Manajer, difoto copi secukupnya.
16 Mengunjungi Kesebelasan-Kesebelasan di Hotel dan bertemu dengan Ketua Delegasi dan Manajer Kesebelasan .
17 Jika ada problem coba untuk diselesaikan dengan Anggota Asosiasi(MA)/Panitia Pertandingan lokal atau kesebelasan-kesebelasan, jika tidak minta bantuan dari AFF/AFC.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN HARI PERTANDINGAN (1)
HARI PERTANDINGAN (1)
RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN (MCM)
1 Mengikuti agenda.
2 Cek Akreditasi jika tidak siap benar (hanya sebelum pertandingan).
3 Menginformasikan kepada kesebelasan-kesebelasan tentang prosedur kualifikasi sampai klasemen berikutnya .
4 Penetapan warna rompi Kesebelasan.
5 Finalisasi daftar pengecekan pertandingan dan beri bantuan kepada asisten General Coordinator untuk memperbaharui data, ngeprint dan distribusikan sebelum Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM) selesai.
6 Distribusikan Pass Harian dan Kartu Tanda Pengenal (SADs) kepada setiap Kesebelasan.
LATIHAN RESMI DI STADION
1 Cek 2 jam sebelum latihan resmi, memeriksa kualitas lapangan.
2 Jika cuaca buruk, General Coordinator akan memutuskan untuk membatalkan latihan dan mengijinkan kesebelasan-kesebelasan dengan menggunakan sepatu joging, hanya berjalan menginjak rumput.
3 Lapangan harus dirawat agar dalam kondisi terbaik untuk pertandingan.
4 Cek kamar ganti
5 Perlengkapan
6 Hanya orang yang memiliki akreditasi dari kesebelsan yang diijinkam masuk dalam Bus.
7 Mengantarkan dan menjemput kesebelasan ditempat sama pada hari pertandingan, kesebelasan-kesebelasan langsung berjalan dalam rute yang sama dari kamar ganti ke lapangan pertandingan.
8 Latihan resmi maksimum hanya 45 menit.
9 Sesi latihan tertutup/terbuka (jika tertutup ijin bagi media saat dimulai hanya 15 menit saja).
STADION
1 Cek semua bendera di Stadion untuk pertandingan berikutnya.
2 Mengulang kembali perencanaan yang duduk di kuri VIP
3 Posisi kamera TV tidak boleh mengganggu pandangan Ofisial dan Pemain kesebelasan-kesebelasan
4 Penyiraman lapangan
5 Laporan cuaca dari Panitia Pertandingan lokal (keputusan membuka dan menutup terpal).
6 Tanda garis lapangan.
PROGRAM USIA MUDA
1 Final cek dengan Manajer Tempat Kegiatan (Venue) pertandingan dalam program gladi seremoni sebelum pertandingan dan Anak Gawang.
2 Meninjau kembali materi seremoni sebelum pertandingan.
WASIT
1 Menerima dari Asesor Wasit, Papan Pengganti Pemain elektrik dan manual serta menyimpannya dengan aman.
2 Memastikan bahwa Papan Pengganti Pemain elektronik batereinya penuh.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN HARI PERTANDINGAN (2)
HARI PERTANDINGAN (2)
PERSIAPAN FORM-FORM
1 Daftar pengecekan untuk Organisasi Pertandingan.
2 Urutan Waktu Menuju Kick Off resmi.
3 Laporan Pengawas Pertandingan.
4 Laporan Wasit dan Ofisial Keempat.
5 Kartu Pergantian Pemain.
6 Laporan insiden.
7 Laporan Ringkasan Pertandingan.
8 DSP/DNP.
9 Bangku Cadangan Pemain dan Ofisial.
10 Penampilan fair play setiap Kesebelasan.
MATERI RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN (MCM)
1 Agenda Pertemuan Koordinasi Pertandingan (MCM).
2 Daftar peserta/absensi kehadiran.
3 Form Keamanan dan kenyamanan.
4 Form-Form Pertandingan : Daftar Pengecekan, Urutan Waktu Menuju Kick Off, DSP/DNP, Materi Final Untuk Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM) dalam Power Point.
5 Permohonan ruangan rapat untuk Rapat Koordinasi Pertandingan (MCM).
RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN
1 Brifing Staf AFF/AFC/FIFA ditempat kegiatan (Venue).
2 Konfirmasi kedatangan VIP, kendaraan penjemputan.
3 Manajemen VIP di Stadion.
4 Bertemu dengan Manajer Infotainment Panitia Pertandingan lokal :
o Meninjau kembali Program.
o Teks announcer.
o Gladi (kotor-bersih).
o Nama-nama Pemain.
MATERIAL
1 Cek bendera.
2 Lagu kebangsaan.
3 Memastikan Rompi Pemain bisa dikirim ke londri.
RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN (MCM)
MEMIMPIN RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN
BRIFING TEKNIS :
1 Warna Kostim (Pemain dan Wasit).
2 Urutan Waktu Menuju Kick Off.
3 Daftar Pengecekan.
4 DSP/DNP.
5 Mode kompetisi, butir-butir kunci (penting).
6 Yang dapat memasuki daerah steril.
7 Iklan (Klub/Kesebelasan Nasional).
Cek Passpor, Kartu Identitas (ID), Persetujuan batas usia, dll.
Final Registrasi pemain.
KEJUARAAN AFF
PERTEMUAN MANAJER KESEBELASAN
12 Januari 2007
1. Absensi.
2. Pengantar kata selamat datang dari Ketua Panitia Pertandingan lokal.
3. Sambutan Ketua Delegasi AFF.
4. Pengantar kata Pengawas Pertandingan AFC.
5. Registrasi Pemain.
6. BRIFING PERMASALAHAN YANG ADA HUBUNGANNNYA DENGAN
ORGANISASI PERTANDINGAN :
6.1 Jadwal Pertandingan.
6.2 Warna Kostim.
6.3 DSP/DNP.
6.4 Nama Ofisial yang duduk di Bangku Cadangan.
6.5 Urutan Waktu Menuju Kick Off 17.30 dan 20.00
6.6 Daftar Pengecekan untuk Organisasi Pertandingan.
6.7 Seremoni sebelum pertandingan :
a. Kesebelasan memasuki lapangan bersama bendera fair play, diiringi FIFA Anthem.
b. Bersalaman diantara kedua Kesebelasan.
c. Bangku Cadangan dan Area Teknik.
6.8 Pemanasan sebelum dan selama pertandingan :
1 Penjaga Gawang, mulai -50 s/d -20 menit sebelum Kick Off.
2 Pemain lapangan, mulai -45 s/d -20 menit sebelum Kick Off.
3 Tergantung kualitas lapangan (keputusan diambil General Coordinator).
4 Pemanasan setiap Kesebelasan disebelah Bangku Cadangan atau dibelakang Gawang dekat Bangku Cadangan masing-masing.
5 Maksimum 6 Pemain dalam waktu sama (tanpa bola, kecuali Penjaga Gawang).
6 Maksimum 2 Ofisial mendampingi para Pemain.
7 Mengenakan Kostim yang berbeda warna dengan kostim kesebelasan sendiri maupun lawan dan Wasit.
6.9 Setengah main.
6.10 Bersalaman setelah pertandingan.
6.11 Peraturan Kompetisi, Mode Kompetisi.
6.12 Komite Disiplin.
6.13 Komite Banding.
6.14 Komite Turnamen.
6.15 Komite Keamanan.
7. Brifing masalah Perwasitan.
8. Brifing masalah Media.
9. Brifing masalah Medis.
10. Brifing masalah yang ada kaitannya dengan Panitia Pertandingan lokal.
11. Brifing penanganan Keamanan.
12. Penutup.
AFF
PERTEMUAN MANAJER KESEBELASAN
12 Januari 2007
SEHARI SEBELUM PERTANDINGAN
1 Inspeksi Stadion : Lapangan permainan, Kamar Ganti Pemain, Ruang Medis dan Doping, Sekretariat AFF.
2 Persiapan semua dokumen pertandingan :.
-Form Pertandingan, Pengawas pertandingan, Asesor Wasit, Wasit, Ofsial keempat, Kartu Penggantian pemain .
-Form Laporan : Sekretariat Jenderal, Keuangan dan Ringkasan Pertandingan.
PADA HARI PERTANDINGAN
1 Pagi hari – latihan dan brifing Wasit.
2 Mengunjungi Stadion – final cek jika perlu melakukan penanganan.
3 Persiapan semua dokumen pertandingan :
4 Formulir Pertandingan : Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit, Wasit, Ofisial Keempat, Kartu Pergantian Pemain.
5 Form laporan : Sekretaris Jenderal, Keuangan, Ringkasan Pertandingan.
SEBELUM PERTANDINGAN
1 3 Jam sebelum kick off datang di Stadion dan inspeksi
2 Menyelaraskan waktu jam dengan kru TV dan ofisial kunci
3 Melihat kembali program dengan Koordinator Tempat Kegiatan (Venue) dan Manajemen Stadion.
4 Distribusi walkie talkie untuk Ofisial kunci
5 90 menit sebelum kick off memastikan grup Wasit cek lapangan permainan.
6 65 menit sebelum kick off mengunjungi Kamar Ganti Pemain dengan Ofisial keempat.
7 Persiapan DSP/DNP, membuat copy dan distribusikan untuk kesebelasan-kesebelasan, Ofisial pertandingan, ofisial AFC/AFF, Panitia Pertandingan
8 20 Menit sebelum kick off memastikan pembawa bendera dan anak gawang sudah siap diarea terowongan (dipinggir lapangan).
9 18 Menit sebelum kick off memastikan bahwa lapangan permainan sudah siap.
10 9 menit sebelum kick off memastikan dengan bantuan grup Wasit bahwa para pemain sudah diterowongan ,
11 Upacara Pertandingan ( 7 menit sebelum kick off memastikan masuk kelapangan grup Wasit dan kesebelsan secara besama-sama dengan iringan lagu FIFA ).
12 Memberi tanda ke wasit untuk memulai pertandingan (kick off) sesuai jadwal waktu.
SELAMA PERTANDINGAN
§ Duduk disebelah Ofisial keempat untuk kontrol area kompetisi jika diperlukan.
§ Memastikan bahwa waktu setengah main tidak lebih dari 15 menit atau dari bunyi peluit panjang sebelumnya ke bunyi peluit berikutnya.
§ Jaga dan cek materi iklan bila tidak pada tempatnya, segera ditempatkan pada posisi semestinya.
§ Bantu Ofisial keempat untuk memeriksa Bangku Cadangan, tertib sesuai ketentuan.
§ Secara terus menerus berhubungan dengan Koordinator Arena (Venue) dan Koordiantor Keamanan.
SESUDAH PERTANDINGAN
1 Mengisi laporan General Coordiantor seusai pertandingan dan kirim faksimil ke AFF.
2 Kirim form ringkasan pertandingan melalui internet.
3 Bantu koordinator media dengan aktivitas seusai pertandingan jika diperlukan
4 Mengambil DVD pertandinga dan ditribusikan kepada kesebelasan-kesebelasan, Wasit dan AFF .
5 Membantu Koordinator Kontrol Doping jika diperlukan.
6 Melakukan brifing dengan Koordinator Sarana dan Ofisial Stadion
7 Memastikan semua laporan dikirim melalui faksimil ke AFF/AFC/FIFA.
AFF
DAFTAR PENGECEKAN HARI PERTANDINGAN
Hari Pertandingan
PROTOKOL :
Area VIP, jalan langsung : Titik penghantar-penjemputan, Ruang Tunggu dan Tribun.
MATERIAL SEREMONI SEBELUM PERTANDINGAN
Duduk dikursi Presiden di tribun VIP dan cek sbb :
Ø Bendera kesebelasan A untuk di Stadion.
Ø Bendera kesebelasan B untuk di Stadion.
Ø Bendera negara Tuan Rumah untuk di Stadion.
Ø Bendera FIFA untuk di Stadion.
Ø Bendera FAIR PLAY untuk di Stadion.
Ø Sebelum turun kebawah lapangan, lakukan cek lapangan secara visual.
LAPANGAN PERMAINAN :
§ Kondisi lapangan.
§ Tanda garis lapangan.
§ Tiang gawang dan jaring gawang.
§ Tiang bendera sudut.
§ Bangku cadangan.
§ Bangku Ofisial keempat.
§ Area teknik.
§ Posisi kamera TV dilapangan diantara kedua bangku cadangan.
§ Board iklan tidak kurang 3 meter dari lapangan permainan.
§ Penyiraman lapang permainan komplit.
§ Cadangan tiang gawang dan lokasi termasuk jaring.
§ Cadangan tiang bendera sudut.
§ Lagu kebangsaan KES. A dan B, cek terakhir di kantor.
§ Lagu FIFA cek terakhir di kantor announcer.
RUANG GANTI KESEBELASAN :
Tanda nama untuk setiap Kesebelasan
Kesebelasan A :
1 Kulkas berisi minuman, es.
2 Handuk, Sabun, Meja Pijat.
3 Flip Chart, Papan Putih dengan Spidol dan Penghapus.
4 Rompi pemanasan.
KESEBELASAN B :
1 Kulkas berisi minuman, es.
2 Handuk, Sabun, Meja Pijat.
3 Flip Chart, Papan Putih dengan Spidol dan Penghapus.
4 Rompi pemanasan.
KAMAR GANTI WASIT :
1 2 Papan Pergantian Pemain Elektronik.
2 1 Papan Pergantian Pemain Manual.
3 18 Bola untuk setiap pertandingan.
4 Pompa Bola, Alat Pengukur Tekanan (elektrik dan manual).
KANTOR/SEKRETARIAT AFF
Cek sesuai kebutuhan kerja :
1 Faksimil.
2 Saluran Telepon.
3 Komputer, Printer.
4 Akses Internet.
PENGATURAN WAKTU :
1 Menyelaraskan waktu jam dengn TV sponsor.
2 Menyesuaikan waktu jam dangen Ofisial kunci AFF/AFC/FIFA
3 Akses internet.
MASALAH MEDIS :
1 2 Tandu.
2 Ambulans.
MINUS 5 JAM, PROGRAM USIA MUDA :
1 Mulai gladi dengan pembawa bendera.
2 Mulai gladi Seremoni sebelum pertandingan, komplit dengan Program Usia Muda, menyampaikan informasi kepada kameraman TV , sponsor dengan relawan yang berperan sebagai Pemain dan para Wasit.
MINUS 3,5 JAM, KEAMANAN :
1 Konfirmasi dengan seluruh keamanan yang bertugas di tempatnya masing-masing.
MINUS 3 JAM, PINTU MASUK :
2 Mulai membuka kunci lebih dini, buka pintu masuk.
MINUS 2 JAM JURU PHOTO :
Para Juru Photo mengambil Posisi dibelakang board iklan.
Komplit Daftar Pengecekan pada hari pertandingan sudah terisi.
URUTAN WAKTU MENUJU KICK OFF :
1 Minus 90 menemui Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit , grup Wasit sebelum mereka memasuki lapangan permainan dan menyampaikan form-form pertandingan.
2 Minus 50 menit Penjaga Gawang boleh memulai pemanasan.
3 Minus 45 Menit pemanasan kesebelasan dilapangan permainan, tergantung kondisi lapangan dan cuaca, keputusan dibuat oleh General Coordinator.
4 Minus 20 menit perbaikan tanda garis lapangan sesudah pemanansan.
5 Memastikan setengah main 15 menit mulai bunyi peluit akhir sampai dengan bunyi peluit kembali.
6 Selama setengah main perbaikan lapangan dan tanda garis lapangan.
SETELAH PERTANDINGAN USAI
1 Kontrol doping.
2 Aktivitas Media : wawancara kilat, konperensi pers.
· Mengambil dan mengirimkan faksimil semua laporan pertandingan, Pengawas Pertandingan, Asesor Wasit, Wasit dan Ofisial keempat.
· Mengambil dan distribusikan chalet tape/DVD pertandingan : disampaikan kepada Kesebelasan-Kesebelasan, Asesor Wasit dan General Coordinator.
· Mengambil dan distribusi bola pertandingan, materi marketing, Rompi Pemanasan dari setiap Kesebelasan, memastikan pada waktunya selesai londri untuk pertandingan berikutnya.
· Melakukan brifing dengan Ofisial Panitia Pertandingan Lokal dan Perwakilan Stadion.

0 komentar:

Posting Komentar