Kamis, 12 Juli 2012

URAIAN SINGKAT TUGAS & WEWENANG PENGAWAS PERTANDINGAN



URAIAN SINGKAT TUGAS & WEWENANG
PENGAWAS PERTANDINGAN
PADA KOMPETISI LIGA AMATIR PSSI

“MEMASTIKAN SEMUA KEGIATAN PERSIAPAN, PELAKSAANAAN DAN PELAPORAN PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN DAPAT DILAKUKAN SESUAI URUTAN WAKTU  KEGIATAN, DENGAN MENGGUNAKAN TEMPAT DAN SEMUA SARANA FASILITAS YANG DIPERSIAPKAN DAN DILAKUKAN OLEH PERSONIL YANG TELAH DITUNJUK”

PRESENTASI M. ACHWANI
2012
SEHARI SEBELUM PERTANDINGAN
PADA HARI PERTANDINGAN
PADA MENJELANG PERTANDINGAN
PADA SAAT PERTANDINGAN
PADA USAI PERTANDINGAN
   
· SEHARI SEBELUM PERTANDINGAN
Ø Melaporkan kedatangannya ke Sekretariat Panpel, meminta informasi awal tentang persiapan Panpel menghadapi pertandingan.
Ø Melakukan Inspeksi ke Stadion tempat pertandingan, Stadion alternatif dan Lapangan tempat latihan pada pertandingan  Turnamen Kandang.
Ø Menyaksikan pengenalan Lapangan Stadion (Kesebelasan peserta).
Ø Memandu Latihan Seremoni Sebelum Pertandingan.
Ø Menetapkan Jadwal Latihan pada pertandingan Turnamen Kandang.
Ø Melakukan Rapat dengan Panpel termasuk dengan pihak keamanan, untuk mengecek kesiapan Panpel, menyampaikan hasil Inspeksi Ke Stadion dan tempat lain untuk mendapatkan perhatian Panpel, serta menanyakan persiapan Pertemuan Teknik, melihat daftar undangan.
Ø Memimpin Pertemuan Teknik sesuai Agenda Pertemuan Teknik dan ketentuan PUP/PKP untuk memperoleh keseragaman pengertian mengenai hal-hal yang ada hubungannya dengan pertandingan, menyampaikan Urutan Waktu Menuju Kick Off, Panpel perlihatkan bola pertandingan, setelah selesai buat Berita Acara.
·    PADA HARI PERTANDINGAN :

Ø Pagi hari kembali memeriksa Stadion terutama bila ada fasilitas yang harus diperbaiki, diganti, ditiadakan atau harus diadakan sebagaimana yang telah disampaikan ke pihak Panpel sebelumnya, mengecek kondisi dan mengetes peralatan yang akan dipergunakan apakah sudah dipersiapkan dengan baik seperti Ruangan Ganti, Bangku Cadangan, Lapangan, Tiang Gawang dan Jaring Gawang, Tiang Bendera Sudut, Garis Lapangan, Papan Skor, Papan Penggantian Pemain, Bola Sepak, Ban Kapten, Sistem Suara (Sound System), CD FIFA Anthem, Bendera Fair Play.
Ø Komunikasikan  kembali  dengan  pihak  Panpel  bila  ada fasilitas dan         Peralatan yang masih belum dipersiapkan semestinya.
Ø Penempelan Label Ruang Ganti, Bangku Cadangan, Petunjuk Arah, dll.
Ø Komunikasi dengan Petugas Penghubung (LO) setiap Kesebelasan maupun LO Ofisial Pertandingan untuk mengecek kendaraan, Petugas Keamanan dan memperhatikan waktu keberangkatan ke Stadion agar tidak terlambat.
·    PADA MENJELANG PERTANDINGAN
-        2 Jam sebelum Kick Off :
Ø Datang lebih awal ke Stadion sebelum Pintu Masuk Stadion dibuka dan  sebelum Petugas Keamanan tiba, periksa kembali semua fasilitas dan peralatan yang akan dipergunakan apakah semua benar-benar siap.
Ø Periksa semua Pintu Masuk Stadion apakah sudah siap untuk dibuka?, apakah Petugas Pintu Masuk sudah siap ditempat tugas?, Pintu Masuk dibuka setelah Petugas Keamanan tiba untuk mendampingi.
Ø Berkomunikasi dengan Penanggung Jawab keamanan, untuk memastikan apakah Jajaran Keamanan sudah siap bertugas di tempatnya masing-masing dalam jumlah yang cukup?.
Ø Berkomunikasi dengan Panpel untuk memastikan apakah semua petugas di Stadion sudah siap di tempat tugasnya masing-masing?.
Ø Memastikan apakah Petugas Paramedis beserta perlengkapan, obat-obatan dan Kendaraan Ambulans sudah tiba?, kemudian apakah tempat parkir Kendaraan Ambulans sudah benar?, dekat Pintu Gerbang dan tidak ada kendaraan lain yang menghalangi jalannya bila harus segera bergegas membawa pasien ke RS.
-        1 Jam sebelum Kick Off :
Ø Memastikan Kesebelasan yang akan bertanding dan Wasit yang akan memimpin pertandingan sudah tiba di Stadion.
Ø Memastikan apakah semua Wasit sudah siap untuk melakukan tugas dan dalam kondisi fisik fit, termasuk memastikan agar Wasit memperhatikan tentang Urutan Waktu Menuju Kick Off.
Ø Memastikan apakah Wasit sudah memeriksa bola sepak yang akan dipergunakan, apakah jumlahnya cukup dan memenuhi persyaratan termasuk apakah tekanan udaranya sesuai ketentuan.
Ø Mengunjungi Kamar Ganti Kesebelasan yang akan bertanding bersama Ofisial Keempat.
Ø Menyerahkan dan menerima kembali DSP yang sudah ditandatangani Ofisial Kesebelasan yang bersangkutan.
Ø Mengingatkan kepada semua Ofisial dan Pemain Kesebelasan yang akan bertanding agar mentaati semua peraturan dan mematuhi semua keputusan Wasit, menyerahkan Ban Kapten, termasuk mengingatkan tentang Urutan Waktu Menuju Kick Off, terutama waktu pemanasan sebelum pertandingan.
Ø Memeriksa Lapangan sebelum dipergunakan untuk pemanasan.
-        50 Menit Sebelum Kick Off
Ø Waktu pemanasan bagi Penjaga Gawang dari kedua Kesebelasan, mendahului 5 menit sebelum waktu pemanasan bagi Pemain Lapangan dari kedua Kesebelasan.  
-        45 s/d 20 Menit Sebelum Kick Off
Ø Waktu pemanasan bagi Pemain Lapangan Kedua Kesebelasan.
Ø Waktu Pemanasan bagi Wasit.
-        19 Menit Sebelum Kick Off
Ø Waktu pembacaan DSP.
Ø Waktu pemeriksaan Lapangan oleh Wasit.
-        15 Menit Sebelum Kick Off
Ø Bendera Fair Play dan Pembawanya siap di pinggir Lapangan.
Ø Anak Gawang siap di pinggir Lapangan, dengan membawa bola sepak yang akan dipergunakan sesuai jumlah yang ditentukan (8/10/12) dan kursi duduk.
-        13 Menit Sebelum Kick Off
Ø Memberitahukan kedua Kesebelasan untuk segera bersiap di pinggir Lapangan 10 menit sebelum Kick Off.

-        10 Menit Sebelum Kick Off
Ø Wasit memeriksa perlengkapan Pemain
Ø Pengawas Pertandingan memeriksa Kartu Tanda Pengenal Setiap Pemain kedua Kesebelasan dan mencocokan keabsahan berkaitan batasan usia Pemain dengan yang bersangkutan.
Ø Menyertakan Ofisial kedua Kesebelasan untuk melakukan pemeriksaan Pemain secara silang di tempat.
-        8 Menit Sebelum Kick Off
Ø Pemain Cadangan bersama Ofisial kedua Kesebelasan dipersilakan  menempati Bangku Cadangan.
Ø Anak Gawang digerakan untuk menempati posisi tugasnya masing-masing dengan membawa bola dan kursi tempat duduk.
Ø Sistem Suara berikut CD FIFA Anthem siap disuarakan.
Ø Pemain kedua kesebelasan, Ofisial Pertandingan (Wasit memegang bola yang akan dipergunakan), Pembawa Bendera Fair Play bersiap untuk memasuki Lapangan.
Ø Sebelum dikumandangkan FIFA Anthem dan kedua Kesebelasan memasuki Lapangan, Announcer diminta menyampaikan “mari kita sambut kedua Kesebelasan (A) dan (B) yang akan bertanding …........”
-        7 Menit Sebelum Kick Off
Ø Pemain kedua Kesebelasan, didahului dengan Pembawa Bendera Fair Play, PP dan Wasit memasuki Lapangan diiringi Lagu FIFA Anthem.
-        5 Menit Sebelum Kick Off
Ø Para Pemain dari kedua kesebelasan dan Wasit berdiri berjajar.
Ø Para Pemain Kesebelasan B menghampiri Wasit dan Para Pemain Kesebelasan A untuk bersalaman.
Ø Para Pemain kesebelasan A menghampiri Wasit untuk bersalaman.
Ø Sesi Foto bagi para Pemain kedua Kesebelasan.
Ø Toss.
0      Kick Off.  

Sebelum Kick Off, daerah steril diseputar Bangku Cadangan diperiksa karena yang boleh duduk disana jumlahnya tidak boleh melebihi 14 orang, hanya 7 Pemain Cadangan dan 7 Ofisial yang namanya tercantum dalam DSP, kemudian diseputar Bangku Ofisial Pertandingan juga tidak boleh ada orang berada disana kecuali yang berkepentingan, dibuktikan dengan status pada Kartu Tanda Pengenal (FOP) milik yang bersangkutan. Dan melihat apakah situasi di dalam dan di luar Stadion keadaannya aman dan tertib?
·      PADA SAAT PERTANDINGAN

Ø Mengamati jalannya pertandingan.
Ø Mencatat kejadian-kejadian penting.
Ø Melakukan komunikasi dan koordinasi teratur dengan semua pihak  terkait dengan pertandingan (HT?), seperti Panpel, Petugas Stadion, Kesehatan, Keamanan, Ofisial Keempat, Ofisial Kesebelasan  dan LO, agar pertandingan berjalan dengan baik, aman, tertib dan lancar.
Ø Berupaya mencegah bila melihat ada gejala yang bisa menimbulkan keributan diseputar Stadion, dengan mengkomunikasikannya dengan pihak Panpel dan Keamanan.   
Ø Menangani segera bila ada permasalahan terjadi di seputar Stadion dan menyelesaikannya dengan baik  bersama pihak Panpel dan Keamanan.
Ø Masa istirahat 15 menit whistle to whistle, memeriksa Lapangan, 3 menit sebelum selesai masa istirahat kedua Kesebelasan harus diberitahu agar segera kembali ke Lapangan Permainan sebelum waktu 15 menit habis.
Ø Seusai pertandingan Pemain kedua Kesebelasan dan Wasit berkumpul di tengah Lapangan untuk bersalaman dan menghormat Penonton.
·    PADA USAI PERTANDINGAN

Ø Announcer diminta menyampaikan hasil pertandingan dan Jadwal Pertandingan berikutnya. 
Ø Menyiapkan Konprensi Pers yang menghadirkan Manajer, Pelatih Kepala dan Kapten Kesebelasan.
Ø Mengamati dan mengendalikan situasi seusai pertandingan serta  menangani segera bila terjadi permasalahan yang terjadi diseputar Stadion.
Ø Baru boleh meninggalkan Stadion bila kedua Kesebelasan dan Ofisial Pertandingan lainnya (Wasit) telah meninggalkan Stadion dan situasi diseputar Stadion keadaannya kondusif.
Ø Membuat Laporan Pertandingan kepada Pengurus PSSI menurut tingkat kewenangannya u.p. pihak Badan Otoritas Penyelenggara Kompetisi dan  pihak yang memberikan tugas.
Ø Membuat Laporan Khusus bila terjadi kejadian khusus.
Ø Mengirimkan Laporan tersebut kepada pihak dimaksud tepat waktu.
Ø Selesai membuat Laporan dan menjalankan tugas kembali ke Kota asal.

0 komentar:

Posting Komentar