Jumat, 27 Juli 2012

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGAWAS PERTANDINGAN (AFC)



I.            TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGAWAS PERTANDINGAN
        (AFC MATCH ORGANIZATION, 2002)
       
AFC menunjuk Pengawas Pertandingan (PP) untuk setiap pertandingan kompetisi, PP adalah perwakilan ofisial AFC dalam pertandingan dan akan melaporkan hasil tugasnya.

Untuk kejadian-kejadian tertentu, masing-masing komite AFC terkait harus menulis Laporan Wasit, Laporan PP dan atau Inspektur Wasit.

TANGGUNG JAWAB PENGAWAS PERTANDINGAN (PP)
Commissioners Responsibility

1.         PP harus tiba ditempat pertandingan dua hari sebelum pertandingan pertama digelar dan melakukan koordinasi dengan Koordinator Pertandingan dan Inspektur Wasit guna mendiskusikan tentang rencana pelaksanaan pertandingan.
2.         PP harus menghadiri Rapat Panpel dan Keamanan sehari sebelum pertandingan atau pada waktu pagi hari pertandingan.  Sebelum Pertemuan Wasit, Inspektur Wasit, Koordinator Pertandingan dan Pengawas Pertandingan harus membuat ulasan singkat sekilas tentang Lapangan Pertandingan, Ruang Wasit, Kantor, Ruang Doping Control, Ruang Ganti pemain dll.
3.         PP harus tiba di Stadion paling lambat 90 menit sebelum kick off dimulai.
4.         PP harus terlebih dahulu memeriksa lapangan pertandingan bersama Inspektur Wasit, Wasit dan Koordinator Pertandingan sekaligus memutuskan apakah ada hal-hal yang harus perlu diperbaiki.
5.         PP kemudian harus memeriksa hal-hal ini dengan bantuan Pihak Keamanan Panitia dan Koordinator Pertandingan :
-         Pengaturan keamanan stadion
-         Fasilitas Medis
-         Pemeriksaan keamanan pada setiap pintu masuk
-         Unit Komando Polisi
-         Penempatan unit-unit keamanan lainnya.
-         Sistem komunikasi radio antara pejabat-pejabat penting kepanitian.
6.         PP harus selalu membawa alat radio komunikasi kemana saja pergi untuk memudahkan melakukan komunikasi dengan Koordinator Pertandingan dan Perwira Keamanan apabila terjadi kasus-kasus yang dianggap serius.
7.         65 menit sebelum kick off, PP harus mengunjungi Kesebelasan di Ruang Ganti bersama dengan Koordinator Pertandingan dan menjelaskan kepada Ofisial dan atau Kapten bahwa :
-         Pemain yang melanggar peraturan tidak akan ditoleransi
-         Wasit dan Komisi Disiplin AFC menindaklanjtui pemain-pemain yang bersalah dan berlaku tidak sportif.
-         Fair Play harus ditegakkan
-         Ofisial yang menempati bangku cadangan harus berlaku sopan dan menghormati Wasit dan Kesebelasan Lawan.
8.         Warna Kostim yang telah ditentukan mengikat bagi setiap Kesebelasan, apabila wasit melaporkan adanya pelanggaran dalam warna kostim, PP harus memutuskan Kesebelasan yang mana harus menyesuaikan warnanya.  Keputusan definitif harus dilaporkan kepada masing-masing ofisial Kesebelasan.
9.         PP harus mengunjungi para wasit di Ruang Ganti dan menyampaikan kepada mereka untuk melaporkan segala yang terjadi didalam maupun diluar lapangan.
10.      Selama pertandingan, PP harus menempati tempat duduk di VIP Box, untuk dapat melakukan pengalihan secara jelas dengan jangkauan luas sekitar Stadion, PP kemudian harus menempati posisi yang mudah untuk akses bila terjadi kesulitan dilapangan dan atau diluar lapangan dengan kebebasan bergerak dan tidak terganggu.  PP disarankan untuk mengingat rute dari tempat duduk ke ruang ganti dan lapangan sebagai antisipasi dalam hal emergency.  Inspektur Wasit harus duduk di dekat PP untuk memudahkan melakukan komunikasi langsung.
11.      Selama Istirahat, apabila jarak ke ruang doping kontrol tidak begitu sulit, PP harus membantu dokter yang bertanggung jawab masalah  doping untuk mengawasi pengambilan sample-sample test doping.  Setelah pertandingan, PP harus mengawasi prosedur test doping.
12.      Setelah pertandingan, PP harus mengunjungi Kamar Ganti masing-masing Kesebelasan dan Wasit, untuk memastikan apakah ada protes yang akan disampaikan.
13.      PP harus menggunakan form resmi yang diberikan sebelum pertandingan untuk membuat laporan setelah pertandingan, PP harus menyesuaikan dan secara pribadi menyampaikan laporan kepada Koordinator Pertandingan dalam amplop khusus yang disediakan.

Dengan demikian PP yang ditugaskan oleh Organisasi Penyelenggara Kompetisi dapat mengambil segala keputusan yang dianggap perlu dalam hal yang ada kaitannya dengan pertandingan, sebagai wakil tertinggi dari  Organisasi Penyelenggara Kompetisi sesuai ketentuan/Peraturan yang berlaku.




0 komentar:

Posting Komentar