Sabtu, 18 Agustus 2012

PENGORGANISASIAN PADA EVEN



Pengorganisasian Pada Even
(AFF/FIFA Event Management, 2009)

Penyaji :
M. Achwani
Direktur Diklat PSSI


DIREKTORAT DIKLAT PSSI
2009


PENGORGANISASIAN PADA EVEN
DAFTAR PENGECEKAN UNTUK MANAJER EVEN
(Sumber : AFF/FIFA Event Management, 2009)

DELEGASI RESMI
Daftar Delegasi (nama-nama, fungsi, nomor telepon dan nomor faksimil) dan distribusi untuk Sekretariat Pusat, Kesebelasan-Kesebelasan dan Panitia Pertandingan Lokal.

ORGANISASI PANITIA PERTANDINGAN LOKAL
1                     Nama, fungsi, nomor HP.
2                     Petugas Penghubung (nama dan nomor HP).

AKOMODASI HOTEL
2     Rapat dengan Manajemen Hotel..
3     Pengecekan jadwal kedatangan, memastikan ruaangan-ruangan Kamar telah siap sesuai pesanan (booking) saat inspeksi terakhir.
4     Pengecekan bahwa hotel sudah benar mendapat instruksi (mana yang menjadi beban Panitia dan mana yang menjadi beban yang bersangkutan).
5     Pengecekan sebelum keberangkatan  yang bersangkutan, bahwa hotel mengenakan biaya bagi Delegasi resmi sesuai lamanya waktu menginap selama bertugas.

KANTOR/SEKRETARIAT
6     Menyiapkan Kantor/Sekretariat.
7     Waktu buka Kantor/Sekretariat (sebagai contoh : 09.00-13.00 dan 15.00-19.00).
8     Perlengkapan Kantor/Sekretariat lengkap (telepon, faksimil, foto copy, e-mail, dll), semuanya berfungsi dengan baik.
9     Kirim nomor telepon, nomor faksimil, dan alamat e-mail ke Organisasi Utama (FIFA, Konfederasi, Asosiasi Nasional, dll). Tersedia cukup HT/WT (HP).
10  Ruangan Rapat untuk rapat harian (untuk dipergunakan bersama Grup Studi Teknik, Komite Wasit, Manajer Even, General Coordinator, dll).
11  Tersedia TV dan VCR.

MATERIAL
12  Pengecekan semua material sesudah tiba dan sesuai daftar isi paking (material Kantor/Sekretariat, bola, perlengkapan Kesebelasan, Material PR, souvenir bila tersedia).
13  Distribusi material kepada Kesebelasan-Kesebelasan.
14  Distribusi material khusus untuk Ofisial Pertandingan, dll.

TRANSPORTASI
15    Kendaraan, memastikan fasilitas kendaraan untuk Delegasi resmi.
16    Memastikan setiap Delegasi resmi dan setiap Kesebelasan, Wasit, dijemput di Bandara.
17    Tim Transportasi (Bus, kendaraan dengan Pengemudi dan Truk Box pengangkut perlengkapan.

INFORMASI UNTUK ANGGOTA KOMITE
18    Mengikuti jadwal rapat koordinasi harian dengan dihadiri oleh Anggota Komite, bila perlu.
19    Minimum menyediakan informasi semua aktifitas harian bagi semua Anggota Komite.
20    Jika mungkin kirim buletin setiap sore tentang informasi semua aktifitas.

LATIHAN RESMI DI STADION
21  Hanya satu kali sesi latihan resmi di Stadion bagi setiap Kesebelasan di setiap pertandingan, kecuali bila Kesebelasan yang bersangkutan menghendaki dapat pergi latihan di tempat lain, mereka dapat latihan di tempat lain dengan kondisi yang sama.
22  Perlindungan lapangan, jika perlu saat cuaca tidak baik, Kebelasan hanya dapat berkunjung ke Stadion tetapi tidak boleh menggunakan lapangan.

PROTOKOL
23    FIFA dan Konfederasi (salah satu), lagu kebangsaan (tanggung jawab Manajer Even).
24    Lagu kebangsaan (pengecekan lagu kebangsaan dengan perwakilan Kesebelasan-Kesebelasan, paling lama 90 detik).
25    Bendera untuk dikibarkan di Stadion (FIFA, Fair Play, Kesebelasan yang bertanding, Negara Tuan Rumah, UN, dll).
26    Bendera untuk dibawa kedalam lapangan oleh Anak Gawang, Fair Play : 3 X 5 meter oleh Anak Gawang, Kesebelasan yang bertanding oleh 4 Anak Gawang.
27    Kursi VIP.
28    Kursi VIP, penempatannya kerja sama dengan Panitia Pertandingan Lokal, sesuai dengan Protokol resmi.
29    Kursi VIP diatur menurut undangan resmi dan masuk dalam Daftar Protokol.

INSPEKSI DENGAN MANAJEMEN STADION DAN PANITIA PERTANDINGAN LOKAL
30    Kondisi Lapangan.
31    Tiang Gawang.
32    Bangku Cadangan.
33    Bendera Sudut.
34    Daerah Teknik.
35    Kamar Ganti Kesebelasan (meja pijat, papan tulis, kulkas)
36    Kamar Ganti Wasit (kulkas).
37    Board Advertising.
38    Diskusi prosedur suplai listrik Stadion bila ada gangguan.
39    Pelayanan Medis dan Pembawa Tandu.
40    Ruang Kontrol Doping.
41    Rapat dengan Announcer.
42    Papan Hasil Pertandingan (Susunan Pemain, Skor, Waktu Jam (bukan waktu Stopwatch), Pencetak Gol, Penggantian Pemain).
43    Sistem Pengeras Suara.
44    Lampu Penerangan Stadion
45    Sekretariat Pertandingan (telepon, faksimil, foto copy, dll).
46    Fasilitas Medis.
PERWASITAN
47    Pengecekan Pengaturan Perwasitan.
48    Pengecekan transportasi bagi Wasit.
49    Pengecekan tempat latihan bagi Wasit.
50    Memastika mereka menerima semua material permintaan mereka (Video Laporan, dll).

INSPEKSI LAPANGAN LATIHAN
51                  Kondisi Lapangan.
52                  Jadual Sesi Latihan.

RAPAT KOORDINASI PERTANDINGAN
53    Diselenggarakan sehari sebelum pertandingan, lebih baik bertempat di Ruangan Sekretariat di Hotel tempat menginap Delegasi  resmi (AFF/AFC/FIFA).
54    Pimpinan Rapat teknis pertandingan adalah PP.

PERSIAPAN PERTANDINGAN
55    Persiapan pertandingan sesuai dengan pengorganisasian atau instruksi penyelenggaraan pertandingan.
56    Lagu FIFA untuk mengiringi Kesebelasan-Kesebelasan memasuki lapangan (menyelaraskan saat memasuki lapangan dan memperdengarkan lagu FIFA).
57    Semua Wasit harus mengambil bagian dalam prosedur Pra Pertandingan dan berpakaian sama. Pada pertandingan harus memiliki 5 warna : Kes.A, Kes. B, Penjaga Gawang Kes. A dan Kes. B, serta Wasit.
58    Ketentuan masuk para Pemain selama prosedur Pra Pertandingan (Kapten, Penjaga Gawang + Pemain lainnya yang masuk DSP/DNP).
59    Pemain yang berjajar di Lapangan dari Kes. A dan Kes. B (hanya Pemain yang masuk DSP/DNP).
60    Lagu Kebangsaan  (maksimum 90 detik untuk setiap lagu kebangsaan, pertama kes.A, kedua Kes.B, lagu kebangsaan Kes. Tuan Rumah akan selalu dimainkan kedua).
61    Ketepatan waktu.
62    Walkie Talkie (20 Walkie Talkie setiap Stadion).
63    Menyelaraskan waktu jam dengan Tim Produser TV untuk Kick Off, harus dilakukan 2 jam sebelum pertandingan dengan TV sponsor.
64    Delegasi resmi dengan pakaian seragam resmi pada hari pertandingan (jika disediakan).
65    Bola pertandingan (sistem Bola banyak), sekurang-kurangnya 10 Bola dibutuhkan disetiap pertandingan.
66    Koordinasi, tanggung jawab Anak Gawang (sistem Bola banyak) : Bila berjumlah 10 Bola, 2 disetiap garis pinggir lapangan, 2 disetiap belakang Gawang, 1 cadangan dan 1 di Lapangan Permainan.
67    Gladi Tim Pembawa Bendera Fair Play dan Bendera-Bendera Negara untuk Seremoni sebelum pertandingan. Harus dilakukan sehari sebelumnya.
68    Cek lagu FIFA dan lagu kebangsaan di Stadion (sistem pengeras suara). Harus dilakukan sehari sebelumnya.
69    Pelayanan Medis (dokter, Ambulans, dan 2 Tandu).
70    Cek perlengkapan (warna, jumlah dan Kit materi sponsor).
71    Bangku Cadangan Kes.Adan Kes.B (Kamera TV tidak boleh mengganggu pandangan Ofisial dan Pemain yang duduk di Bangku Cadangan.
72    Memastikan bahwa semua material resmi dapat dipergunakan dan disimpan di Stadion sampai dengan pertandingan berikutnya (dimana dapat dipergunakan kembali).
73    Cek dengan anggota Grup Studi Teknik (TSG), bahwa master Video Tape dari setiap pertandingan dapat diterima dari TV sponsor (dimana dapat dipergunakan).
74    Mengadakan brifing dengan Ofisial Panitia Pertandingan Lokal dan Perwakilan Stadion sehari sebelum pertandingan atau sebagai panduan bagi  semua yang ada kaitannya dengan pertandingan.



FOR-FORM
75    Daftar Pengecekan untuk Organisasi Pertandingan dan Urutan Waktu menuju Kick Off (untuk kedua Kesebelasan sehari sebelum pertandingan).
76      Laporan Pengawas Pertandingan.
77      Laporan Wasit.
78      Penggantian Pemain.
79      Laporan Khusus (jika ada insiden).
80      Ringkasan pertandingan.
81      DSP/DNP.
82      DSP/DNP Didistribusikan untuk kedua Kesebelasan, Wasit, Announcer Stadion, yang duduk di VIP, Ofisial yang duduk di Bangku Cadangan.
83      Penampilan Fair Play kedua Kesebelasan (dimana dapat dipergunakan).
84      Menyediakan dan mengirimkan segera semua form ke Sekretariat Pusat (AFF/AFC/FIFA) setelah pertandingan usai.











0 komentar:

Posting Komentar